: indonesiapole: Penemuan katak unik di dunia

Translate

lundi 9 février 2015

Penemuan katak unik di dunia

anda masih di blog seorang penterjemah perancis, yang suka share topik tentang indonesia dan perancis. Peranan blog ini sebagai jembatan antara perancis danindonesia, atau, "indonesia dilihat dari perancis". selamat baca.

Keanekaragaman hayati Indonesia


PENEMUAN DI INDONESIA

SEBUAH SPESIES KATAK YANG BISA MELAHIRKAN KECEBONG

Ilmuwan menemukan sebuah spesies katak baru yang bisa melahirkan kecebongnya

Pada Januari 2, 2015
AFP
Ilmuwan menemukan katak baru yang melahirkan kecebongnya tapi tida bertelur. Penemuan ini diterbitkan di jurnal PLOS ONE.
Dalam menjelajahi hutan tropikal Indonesia, seorang ilmuwan menemukan spesies katak baru, yang melahirkan kecebong, tapi tidak bertelur, menurut studi diterbitkan Hari Rabu.
Diberi nama Limnonectes larvaepartus, katak itu adalah anggota grup Asia ditemukan oleh pakar sains Indonesia, Joko Iskandar, dasawarsa lalu.
Kompas: Joko Iskandar
Ilmuwan pikir dulu bahwa katak grup Asia tersebut adalah katak khas yang melahirkan kecebong, tapi tidak pernah lihat kelahiran yang khas ini.
Mereka mempunyai bukti ini ketika seorang herpetolog (pakar ahli reptil dan amfibi) dari Universiti Berkeley, California, yang bernama Jim McGuire, mulai menjelajahi hutan tropikal Pulau Sulawesi.
Dia ambil katak dan dia pikir katak ini jantan, tapi bukan jantan tapi betina yang membawa sepuluh kecebong yang baru dilahirkan.

bbc.com limnonectes larvaepartus katak dengan bayinya

Sifat kelahiran yang luar biasa
“Hampir semua katak di dunia, kira-kira lebih dari 6,000 spesies, ada fertilisasi ekstern, ujar McGuire yang menerbitkan studinya di jurnal Amerika PLOS ONE.
“Tapi katak baru ini dalam grup yang membuat fertilisasi intern, kira-kira dibentuk 10 spesies, dan, dalam grup ini, katak ini adalah satu-satunya yang melahirkan kecebong, tanpa bertelur atau tanpa melahirkan katak kecil, seperti di Afrika.
Ada banyak sifat luar biasa di katak di bidang kelahiran.
Beberapa katak Afrika, yang mempunyai sifat fertilisasi intern, melahirkan bayi katak segera tapi bayi katak ini tak pernah kecebong.
Ada katak yang  membawa telurnya dalam poket di punggung, atau yang melahirkan kecebong di mulutnya atau yang membawa kecebong dalam lubang di punggung”, ujar Universiti dalam keterangan pers.
Untuk keterangan lebih lanjut:

(bhs Inggris)

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire