: indonesiapole: Patroli bergajah demi bertentangan pembakalan haram dan penyelundupan di Sumatera

Translate

vendredi 20 février 2015

Patroli bergajah demi bertentangan pembakalan haram dan penyelundupan di Sumatera

Patroli Bergajah dalam hutan Sumatera



Indonesia: Patroli pasukan bergajah di hutan

dari AFP
Mereka berpatroli untuk memberantaskan penembangan liar dan penyelundupan.


EKO-PASUKAN. “Eko-pasukan” Indonesia muda naik di punggung gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) dan berpatroli di hutan Sumatera, yang terletak di Barat Nusantara, untuk memberantaskan ilegal logging dan penyelundupan dalam hutan alam. Mereka berpatroli pada waktu lama dalam hutan dan sepanjang sungai, di dalam pepohonan yang lebar di mana ada banyak spesies yang perlu dilindungi, seperti harimau dan orang hutan. Spesies tersebut hidup dalam habitat rusak parah selama tahun-tahun. Ketika pasukan kembali di desa, mereka bilang ke otoritas semua yang dilihat atau dicurigai dalam hutan di mana penembangan liar merajalela. Harimau dan gajah ditewas karena kulitnya dan gadingnya didagang penyelundup.


Indonesia adalah nusantara terbesar di dunia
Indonesia adalah nusantara terbesar di dunia, dengan permukaan yang capai 1,9 million km2, kira-kira empat kali permukaan Perancis. Di nusantara ini terdapat hutan alam yang besar dan tebal. Ampun, banyak pohon ditembang dan dirambah untuk bertani kepala sawit, dan menewaskan banyak biodiversitas dan menaikkan emisi greenhouse gas. Penembangan adalah fenomena liar yang berskala besar, dan menganggu kelestarian hutan alam. Tapi juga fenomena itu terbebas dari jeratan hukum karena permukaan hutan sangat luas dan juga jumlah personil aparat tidak keseimbangan dengan jumlah hutan di Indonesia. Sekian NGO di Aceh memutuskan membantu masyarakat daerah Trumon di 2012, yang ingin menangkap penyelundup dan oknum yang membuat penembangan haram. Tahun lalu, USAID membantu masyarakat ini dengan introduksi patroli bergajah dinaik rakyat Trumon. Sekarang, pawang menjelajahi hutan dan digajikan USAID.


RAMBAH. Menurut peniliti diterbitkan tahun lalu, pada tahun 2012, Indonesia menembangkan banyak pohon, sekitar dua kali lebih dari kuantitas yang ditembangkan oleh Brasil, yang dianggap sebagai negara pertama dalam penembangan hutan alam.


Patroli bergajah menaikkan harapan
Bebagai penduduk menghentikan kerjannya untuk menjadi pawang, seperti kasus Hendra Masrijal, mantan penjual makan. Sekitar duapuluh penduduk masuk proyek ini.” Saya sedih sekali ketika saya lihat gajah tewas oleh oknum untuk dapat gadingnya”, ujarnya kepada AFP. “Juga ada petani dan penduduk yang merambah habitatnya”. Patroli bergajah menjelajahi hutan selama dua ke tujuh hari. Setiap bulan, pawang berangkat untuk 15 ke 20 hari di hutan, di bagian  permukaan yang mencapai 27 000 hektare yang disebut “tepi fauna Trumon”. Di samping pemberantasan pembakalan gelap dan penyelundupan, wakil proyek ini membuat training untuk penduduk daerah tentang perkembangan ekopariwisata, demi memberi aktivitas baru kepada orang yang biasa hidup dari aktivitas haram seperti pembakalan hitam atau penyelundupan. Proyek baru ini sangat dianggap positif komunitas lokal, tutur Tisna Nando, yang adalah juru bicara USAID. “Mereka mengerti bahwa perlindungan hutan bisa memberinya kesempatan baru daripada menjadi pelaku pembakalan liar”, jelasnya kepada AFP.




Untuk keterangan lebih lanjut tentang pembakalan liar dan gajah:

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire